Raihan Ariatama

Arus Balik Politik Kaum Muda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel opini ini terbit Koran Jawapos, 8 Februari 2024

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah pemilunya kaum muda. Hipotesis ini tidaklah berlebihan, karena selaras dengan demografi politik Indonesia hari ini, di mana kaum muda menjadi kelompok pemilih dominan, yakni mencapai 52 persen dari total pemilih yang berjumlah 204,8 juta pemilih. Jika dirinci berdasarkan generasi, kelompok generasi yang termasuk kaum muda adalah Generasi Z (usia 17-24 tahun) yang berjumlah 46,8 juta pemilih atau sebesar 22,9 persen dan Generasi Milenial (usia 25-39 tahun) dengan 68,8 juta pemilih (33,6 persen).

Demografi politik yang dominan tersebut menjadikan kaum muda sebagai pemegang narasi utama politik Indonesia. Kita menyaksikan bagaimana ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai kontestan Pemilu 2024 mencitrakan diri sebagai sosok yang paling dekat dengan anak muda, baik itu melalui program yang dijanjikan, pakaian yang dikenakan, dan kampanye yang dilakukan serta platform media digital yang digunakan. Bahkan, juru bicara dari kaum muda pun dikerahkan.

Tujuannya adalah memikat anak muda untuk memilihnya, karena suara kaum muda adalah suara penentu. Persoalannya adalah para kontestan pemilu kerap kali terjebak dalam gimmick politik dan simplifikasi kaum muda sebagai sekadar etalase politik, sehingga abai terhadap isu-isu krusial kaum muda. Akibatnya, politik tak lebih dari sekadar kontes kecantikan (beauty pageant) dengan kaum muda sebagai gincunya.

Jalan Terjal 

Menempatkan kaum muda sebagai etalase politik berarti memposisikannya sebagai sekadar pemilih (voter). Padahal, kaum muda adalah suara (voice) yang mewakili persoalan dan aspirasi generasinya serta yang menentukan arah masa depan bangsanya. Kaum muda mengemban misi generasi yang merentang jauh ke depan, yang menerobos batas-batas elektoral.

Dengan kata lain, kaum muda adalah generasi penentu, bukan hanya menentukan keberlangsungan regenerasi kepemimpinan Indonesia pada pemilu mendatang, melainkan juga menentukan apakah Indonesia akan mencapai puncak keemasannya di saat republik ini berusia satu abad. Karenanya, penting bagi para kontestan pemilu untuk mengarusutamakan politik gagasan yang mengetengahkan pelbagai solusi, baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang, terhadap persoalan-persoalan kaum muda.

Simplikasi kaum muda justru berimplikasi pada tidak tersentuhnya persoalan kaum muda yang sesungguhnya. Ditambah lagi, para kontestan pemilu terbuai dengan citra kaum muda kelas menengah yang kreatif, inovatif dan digital savvy. Pandangan yang bias kelas ini mengabaikan persoalan-persoalan nyata keseharian yang dihadapi oleh kaum muda kelas bawah di perkotaan dan pedesaan yang jumlahnya jauh lebih banyak. Mereka bergumul dengan persoalan kemiskinan, minimnya lapangan pekerjaan, terbatasnya akses pendidikan bermutu dan layanan kesehatan berkualitas.

Temuan survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada 8-13 Agustus 2022 bertajuk “Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pasca Pandemi” mengafirmasi persoalan-persoalan tersebut. Dalam survei tersebut, isu-isu strategis yang banyak menjadi perhatian kaum muda adalah antara lain tingginya harga sembako (32,4%), terbatasnya lapangan pekerjaan (28,2%), tingginya angka kemiskinan (11,7%), layanan dan biaya kesehatan yang mahal (7,0%) dan pelayanan dan kualitas pendidikan yang buruk (5,7%). Persoalan-persoalan lainnya yang juga dihadapi kaum muda adalah perubahan iklim dan kesehatan mental.

Secara umum, persoalan-persoalan ekonomi menjadi isu strategis kaum muda. Hal ini wajar karena, misalnya, pada aspek ketenagakerjaan, data Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) menunjukkan mayoritas pengangguran adalah kelompok usia muda (20-39 tahun), yakni sebanyak 5 juta orang dari 7,9 juta orang pada Februari 2023. Jika ditelisik lebih mendalam, maka akar persoalannya adalah ketidaksejahteraan, yang melahirkan persoalan-persoalan turunan lainnya seperti keterbatasan akses terhadap pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta kehidupan yang layak.

Mengatasi persoalan-persoalan tersebut mengharuskan solusi-solusi struktural, yakni dengan intervensi negara, baik itu melalui kemauan politik (political will) dan kebijakan afirmasi, di mana kaum muda terlibat aktif di dalamnya, dan bukan sekadar etalase politik. Masalahnya adalah kebijakan-kebijakan strategis ditentukan oleh posisi politik yang strategis, di mana kaum muda memiliki persoalannya tersendiri, yakni hambatan politik (political barrier issue).

Setidaknya ada tiga kondisi yang menghambat kaum muda di dunia politik. Pertama, biaya politik yang sangat mahal (high cost politics) sehingga dunia politik menjadi eksklusif bagi kalangan ekonomi tertentu. Kedua, citra politik di publik yang cenderung negatif membuat kaum muda enggan terlibat di dalamnya. Ketiga, batasan minimal umur untuk menempati jabatan politik yang tidak ramah kaum muda, seperti batas minimal umur anggota legislatif di semua tingkatan, kepala daerah, presiden dan wakil presiden. Padahal, ketika seseorang memiliki hak untuk memilih pejabat publik (elected official), ia seharusnya memiliki hak untuk dipilih sebagai pejabat publik.

Hambatan-hambatan politik tersebut menyebabkan regenerasi politik di Indonesia tersendat. Menurut Economist Intelligence Unit Democracy Index 2022, rata-rata usia anggota parlemen di Indonesia adalah 51,6 tahun, dan menempatkan Indonesia di urutan ke-101 dari 147 negara dalam hal regenerasi politik. Kondisi ini sangatlah memprihatinkan, mengingat kaum muda senantiasa menjadi tonggak perjalanan bangsa Indonesia.

Arus Balik

Benedict Anderson dalam Revoloesi Pemoeda: Pendudukan Jepang dan Perlawanan di Jawa 1944-1946 (2018) menempatkan kaum muda sebagai kelompok generasi yang sangat menentukan dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia di masa awal revolusi. Jauh sebelum itu, kaum muda telah terlibat dalam momentum politik penting pergerakan dan persatuan nasional, mulai dari angkatan 1908 hingga angkatan 1928 yang mencetuskan Sumpah Pemuda. Bahkan, kaum muda proaktif dalam mengisi tahun-tahun setelah kemerdekaan hingga hari ini.

Berdasarkan babakan sejarah di atas, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa genetika kaum muda Indonesia adalah melek politik. Namun sayangnya, dalam beberapa dekade terakhir, politik Indonesia memunggungi kaum muda, sehingga genetika politik ini perlahan memudar. Karena itu, dengan demografi politik yang besar, Pemilu 2024 menjadi satu babakan politik penting bagi kaum muda untuk melakukan arus balik politik; dari sekadar etalase menjadi aktor politik utama. Dalam Pemilu 2024, kaum muda harus betul-betul menjadi penentu dan pemegang narasi utama politik Indonesia, dengan memilih pemimpin di semua tingkatan yang mampu menjawab persoalan-persoalan kaum muda dan mampu mengurai hambatan-hambatan politik yang selama ini menjauhkan kaum muda dari politik.

RA.

admin@raihanariatama.id

2024 © Raihan Ariatama, All rights reserved